Sabtu, 31 Oktober 2015
KONSEP PEMASARAN USAHA KECIL DAN MENENGAH BAGI SEORANG WIRAUSAHAWAN
Wirausaha Harus Melaksanakan Konsep Pemasaran
Ada lima konsep yang berkembang yaitu konsep produksi (production consept), Konsep
produk (product consept), konsep penjualan (selling cosept), konsep pemasaran (marketing
consept), konsep sosial (sosietal consept).
Evolusi yang terdapat dalam perkembangan kehidupan manajemen ialah :
Konsep Produksi (Production Consept)
Konsep produksi bertitik tolak dari anggapan, bahwa konsumen ingin produk yang harga
murah dan mudah didapatkan dimana-mana,. Produsen yang menganut konsep ini, akan
membuat produksi secara massal, menekankan biaya dengan efisiensi tinggi, sehingga harga
pokok pabrik bisa ditekan dan harga jual lebih rendah dari saingan.
Konsep Produk (Product Consept)
Pada saat barang masih langka di pasar, maka produsen memusatkan perhatian pada teknis
pembuatan produk saja. Produsen belum memperhatikan selera konsumen. Produsen hanya
membuat barang dengan to please onself, hanya menuruti bagaimana selera prosusen sendiri.
Produsen hanya melihat kecermin, tidak melihat jendela. Orang melihat cermin hanya
memperhatikanwajahnya saja, yaitu ia membuat barang yang cocok dengan kemauannya.
Lain halnya dengan melihat jendela, berarti melihat orang yang berada di luar/di jalan,
produsen memperhatikan orang lain.
Konsep Penjualan (Selling Consept)
Disini produsen membuat barang, kemudian harus menjual barang itu, denagn berbagai
teknik promosi. Hal yang penting disini ialah adanya kegiatan promosi secara meksimal.
Paham dari konsep ini aialah, konsumen pasti akan mau membeli barang, bila mereka
dirangsang untuk membeli. Promosi besar-besaran adalah merupakan ciri khas dari selling
concept.
Konsep Pasar (Marketing Consept)
Disini produsen tidak sekedar membuat barang, tidak pula asal melancarkan promosi. Akan
tetapi, produsen memusatkan perhatian pada perhatian konsumen, produsen memperhatikan
needs dan wants dari konsumen. Dalam hal ini produsen tidak lagi melihat cermin tetapi dia
meliahat jendela. Dengan melihat jendela berarti dia memeperhatikan orang yang berada
diluar bagaimana gerak-gerik, perilaku, dan kebiasaan-kebiasaan, selera konsumen. Jadi
produsen tidak hanya memperhatikan kebutuhan konsumen, tetapi juga memperhatikan apa
keinginan konsumen. Konsumen tidak hanya sekedar membeli fisik barang, tetapi yang
mengharapkan sesuatu dari barang itu, ini yang disebut dengan wants, yaitu ada sesuatu yang
lain yang diharapkan setelah membeli barang tersebut. Jika ini dapat dipuaskan, maka
kegiatan merketing perusahaan akan mencapai sukses.
Konsep Pemasaran Berwawasan Sosial (Sosial Concept) Responsibility
Tingkat orientasi pada rasa tanggung jawab sosial dan kemanusiaan,. Krena banyaknya kritik
dan sorotan dari luar perusahaan, baik yang datang dari pemerintah, maupun dari masyarakat
melalui lembaga konsumen, maka perusahaan harus memiliki rasa tanggung jawab moral,
untuk melayani masyarakat sebaik-baiknya. Tanggung jawab sosial ini dalam artiluas, harus
menghasilkan barang yang baik tidak merusak kesehatan masyarakat. Menggunakan seumber
daya alam secara bertanggung jawab, selalu menjaga kebersihan air dan kebersihanudara dari
ancaman polusi, mengurangi kebisingan oleh mesin pabrik. Smeua ini harus dalam rangka
menciptakan suasana kehidupan yang baik dan tenteram dengan penuh rasa tanggung jawab
tidak mementingkan keuntungan perusahhan semata.
Artinya konsep marketing yang berwawasan sosial adalah konsep yang berusaha memenuhi
kebutuhan keinginan dan minat konsumen sehingga dapat memenuhi kepuasan konsumen
secara efisien dan efektif dan membuat kehidupan masyarakat menjadi lebih baik.
Contoh produk/perusahaan: Iklan rokok, sebut saja Clas mild dengan slogan “talk less do
more”, menggambarkan ketika mengkonsumsi rokok kita akan sedikit bicara dan banyak
bekerja dan akan keluar dari masalah, iklan yang baru-baru ini, seorang yang terpaku harus
mencari tukang karena atap bocor hingga air memenuhi ruangan, akan tetapi orang yang “talk
less do more” lebih memilih pindah tempat dan tidak akan terkena dampak atap bocor.
Dan kita tahu sendiri bagaimana dampak rokok bagi kesehatan!!
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar