Sabtu, 31 Oktober 2015

KONSEP PEMASARAN USAHA KECIL DAN MENENGAH BAGI SEORANG WIRAUSAHAWAN


Wirausaha Harus Melaksanakan Konsep Pemasaran

Ada lima konsep yang berkembang yaitu konsep produksi (production consept), Konsep

produk (product consept), konsep penjualan (selling cosept), konsep pemasaran (marketing

consept), konsep sosial (sosietal consept).

Evolusi yang terdapat dalam perkembangan kehidupan manajemen ialah :

 Konsep Produksi (Production Consept)

Konsep produksi bertitik tolak dari anggapan, bahwa konsumen ingin produk yang harga

murah dan mudah didapatkan dimana-mana,. Produsen yang menganut konsep ini, akan

membuat produksi secara massal, menekankan biaya dengan efisiensi tinggi, sehingga harga

pokok pabrik bisa ditekan dan harga jual lebih rendah dari saingan.

 Konsep Produk (Product Consept)

Pada saat barang masih langka di pasar, maka produsen memusatkan perhatian pada teknis

pembuatan produk saja. Produsen belum memperhatikan selera konsumen. Produsen hanya

membuat barang dengan to please onself, hanya menuruti bagaimana selera prosusen sendiri.

Produsen hanya melihat kecermin, tidak melihat jendela. Orang melihat cermin hanya

memperhatikanwajahnya saja, yaitu ia membuat barang yang cocok dengan kemauannya.

Lain halnya dengan melihat jendela, berarti melihat orang yang berada di luar/di jalan,

produsen memperhatikan orang lain.

 Konsep Penjualan (Selling Consept)

Disini produsen membuat barang, kemudian harus menjual barang itu, denagn berbagai

teknik promosi. Hal yang penting disini ialah adanya kegiatan promosi secara meksimal.

Paham dari konsep ini aialah, konsumen pasti akan mau membeli barang, bila mereka

dirangsang untuk membeli. Promosi besar-besaran adalah merupakan ciri khas dari selling

concept.

 Konsep Pasar (Marketing Consept)

Disini produsen tidak sekedar membuat barang, tidak pula asal melancarkan promosi. Akan

tetapi, produsen memusatkan perhatian pada perhatian konsumen, produsen memperhatikan

needs dan wants dari konsumen. Dalam hal ini produsen tidak lagi melihat cermin tetapi dia

meliahat jendela. Dengan melihat jendela berarti dia memeperhatikan orang yang berada

diluar bagaimana gerak-gerik, perilaku, dan kebiasaan-kebiasaan, selera konsumen. Jadi

produsen tidak hanya memperhatikan kebutuhan konsumen, tetapi juga memperhatikan apa

keinginan konsumen. Konsumen tidak hanya sekedar membeli fisik barang, tetapi yang

mengharapkan sesuatu dari barang itu, ini yang disebut dengan wants, yaitu ada sesuatu yang

lain yang diharapkan setelah membeli barang tersebut. Jika ini dapat dipuaskan, maka

kegiatan merketing perusahaan akan mencapai sukses.

 Konsep Pemasaran Berwawasan Sosial (Sosial Concept) Responsibility

Tingkat orientasi pada rasa tanggung jawab sosial dan kemanusiaan,. Krena banyaknya kritik

dan sorotan dari luar perusahaan, baik yang datang dari pemerintah, maupun dari masyarakat

melalui lembaga konsumen, maka perusahaan harus memiliki rasa tanggung jawab moral,

untuk melayani masyarakat sebaik-baiknya. Tanggung jawab sosial ini dalam artiluas, harus

menghasilkan barang yang baik tidak merusak kesehatan masyarakat. Menggunakan seumber

daya alam secara bertanggung jawab, selalu menjaga kebersihan air dan kebersihanudara dari

ancaman polusi, mengurangi kebisingan oleh mesin pabrik. Smeua ini harus dalam rangka

menciptakan suasana kehidupan yang baik dan tenteram dengan penuh rasa tanggung jawab

tidak mementingkan keuntungan perusahhan semata.

Artinya konsep marketing yang berwawasan sosial adalah konsep yang berusaha memenuhi

kebutuhan keinginan dan minat konsumen sehingga dapat memenuhi kepuasan konsumen

secara efisien dan efektif dan membuat kehidupan masyarakat menjadi lebih baik.

Contoh produk/perusahaan: Iklan rokok, sebut saja Clas mild dengan slogan “talk less do

more”, menggambarkan ketika mengkonsumsi rokok kita akan sedikit bicara dan banyak

bekerja dan akan keluar dari masalah, iklan yang baru-baru ini, seorang yang terpaku harus

mencari tukang karena atap bocor hingga air memenuhi ruangan, akan tetapi orang yang “talk

less do more” lebih memilih pindah tempat dan tidak akan terkena dampak atap bocor.

Dan kita tahu sendiri bagaimana dampak rokok bagi kesehatan!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar