Boston
Consulting Group (BCG) adalah perusahaan konsultan manajemen global,
didirikan oleh Bruce Henderson pada tahun 1963. Memiliki 69 kantor di 40
negara, dan CEO sekarang adalah Hans-Paul Biirkner. BCG umumnya digolongkan
sebagai salah satu pengurus “paling bergengsi” konsultan perusahaan dalam
industri itu.
Matriks BCG dapat di gambarkan sebagai berikut :
Matriks BCG adalah perangkat
strategi untuk memberi pedoman pada keputusan alokasi sumber daya berdasarkan
pangsa pasar. Matriks BCG merupakan empat kelompok bisnis, yaitu :
1. Bintang
(Star) mewakili peluang jangka panjang terbaik untuk pertumbuhan dan
profitabilitas bagi organisasi. Divisi dengan pangsa pasar relatif yang tinggi
dan tingkat pertumbuhan industri yang tinggi seharusnya menerima investasi yang
besar untuk mempertahankan dan memperkuat posisi dominan mereka. Kategori ini
adalah pemimpin pasar namun bukan berarti akan memberikan arus kas ositif bagi
perusahaan, karena harus mengeluarkan banyak uang untuk memenangkan pasar dan
mengantisipasi para pesaingnya.
2. Tanda tanya
(Question Mark) memiliki posisi pangsa pasar relatif yang rendah, tetapi mereka
bersaing dalam industri yang bertumbuh pesat. Bisnis ini disebut tanda tanya
karena organisasi harus memutuskan apakah akan memperkuat divisi ini dengan
menjalankan strategi intensif (penetrasi pasar, pengembangan pasar, atau
pengembangan produk) atau menjualnya.
3. Sapi perah
(Cash Cow) memiliki pangsa pasar relatif yang tinggi tetapi bersaing dalam
industri yang pertumbuhannya lambat. Disebut sapi perah karena menghasilkan kas
lebih dari yang dibutuhkanya, mereka seringkali diperah untuk membiayai untuk
membiayai sektor usaha yang lain. Banyak sapi perah saat ini adalah bintang di
masa lalu, divisi sapi perah harus dikelola unuk mempertahankan posisi kuatnya
selama mungkin.
4. Anjing (Dog)
dari organisasi memiliki pangsa pasar relatif yang rendah dan bersaing dalam
industri yang pertumbuhannya rendah atau tidak tumbuh. Mereka adalah anjing
dalam portofolio perusahaan. Karena posisi internal dan eksternalnya lemah,
bisnis ini seringkali dilikuidasi, divestasi atau dipangkas dengan
retrenchment. Ketika sebuah divisi menjadi anjing, retrenchment dapat menjadi
strategi yang terbaik yang dapat dijalankan karena banyak anjing yang mencuat
kembali, setelah pemangkasan biaya dan aset besar-besaran, menjadi bisnis yang
mampu bertahan dan menguntungkan.
Analisis BCG
Pada PT Sido Muncul
Lingkungan dimana perusahaan
beroperasi berubah dengan cepat, baik politik, sosial, ekonomi maupun
tekhnologi. Perubahan lingkungan tersebut akan membuat pelaku industri untuk
mengevaluasi rencana bisnis dan menurut perusahaan untuk mampu merencanakan
bisnisnya dengan baik agar dapat bertahan, tumbuh dan berkembang. Memasuki
millenium ketiga, tantangan dan hambatan yang dihadapi dunia industri semakin
besar. Persaingan dunia industri di Indonesia semakin ketat, sehingga setiap
perusahaan diharuskan meningkatkan kemampuannya untuk bersaing dalam perekonomian
global.
Industri besar dan global mulai
masuk ke berbagai industri makanan dan minuman, sebagai contoh adalah Air
Mancur dan Nyonya Meneer. Kondisi ini menuntut setiap perusahaan untuk
mengetahui posisinya dalam persaingan, sehingga perusahaan dapat merencanakan
strategi pemasarannya.
Berdasarkan data hasil olahan
Departement Perindustrian dan Perdagangan menunjukan bahwa perusahaan yang
terlibat dalam industri jumlahnya meningkat dari waktu ke waktu. Pada tahun
2008 tercatat 2673 perusahaan dan berkembang menjadi 2924 perusahaan pada tahun
2009. Data tersebut memperlihatkan terjadinya pertumbuhan industri sebesar 4,48
%. Hal ini menunjukan perusahaan harus memperhatikan perencanaan dalam
menjalankan usahanya, karena persaingan yang terjadi dalam perusahaan dapat
mengakibatkan ancaman maupun peluang bagi setiap perusahaan.
Persaingan industri semakin ketat
seiring dengan terus meningkatnya laju pertumbuhan industri. Persaingan ini
mengakibatkan setiap industri lebih jeli dalam merumuskan strategi pemasaran perusahaannya.
PT Sido Muncul merupakan industri jamu tradisional yang berada pada skala
industri besar. Saat ini pertumbuhan pasar industri sebesar 16,67 % sedangkan
pangsa pasar relatif terhadap pesaing utama adalah 0,07. Matriks Boston
Consulting Group menytakan adalah perusahaan berada dalam posisi tanda tanya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar