Jumat, 16 Januari 2015

ETIKA BISNIS



1.  Benturan dengan kepentingan masyarakat
Benturan ini terjadi kerap kali karena perusahaan menimbulkan polusi (udara, air, limbah, suara bahkan mental kejiwaan ).Hal-hal pendorong dilaksanakannya etika bisnis :
  1. Dorongan dari pihak luar
  2. Dorongan dari dalam bisnis itu sendiri

2.  Dorongan tanggung jawab sosial
Penerapan manajemen orientasi kemanusiaan.Penerapan akan menimbulkan hubungan yang serasi, selaras dan seimbang antara pelaku bisnis dan pihak luar secara rinci, manfaat tersebut adalah :
-          Peningkatan moral kerja karyawan
-          Adanya partisipasi bawahan
-          Penurunan absen karyawan.
-          Peningkatan mutu produksi
-          Kepercayaan konsumen

Ekologi dan gerakan pelestarian lingkungan
Ekologi, yang menitikberatkan pada keseimbangan antara manusia dan alam lingkunganya banyak dipengaruhui oleh proses produksi.
Penghematan energi
Kesadaran bahwa sumber daya tersebut tidak dapat diperbaharui telah mendorong dilaksanakanya proses efisiensi serta mencari pengganti sumber daya tersebut.
Partisipasi pembangunan bangsa
Kesadaran masyarat pebisnis terhadap suksesnya pembangunan sangat diperlukan.
Gerakan kosumerisme
Awal perkembangannya tahun 1960an di Negara barat yang berhasil memberlakukan undang-undang perlindungan konsumen yang meliputi beragam aspek,yaitu:
-          Memperoleh perhatian and tindakan nyata dari kalangan bisnis
-          Pelaksanaan strategi advertensi/periklanan
-          Disenggarakan panel-panel diskusi antara wakil konsumen dengan produsen
-          Pelayalan purna jual lebih baik
-          Berjalannya proses public relation ( PR ).

3.    Etika bisnis
Etika pergaulan dalam melaksakan bisnis disebut etika pergaulan bisnis.
·           Hubungan antara bisnis dengan langganan/kosumen
·         Hubungan dengan karyawan
·         Hubungan antara bisnis
·         Hubungan dengan investor
·           Hubungan dengan lembaga-lembaga keuangan

4.    Bentuk-bentuk tanggung jawab social suatu bisnis
beberapa bentuk pelaksanaan tanggung jawab social yang dapat kita temui di Indonesia adalah :
- Pelaksanaan hubungan industrial pancasila ( HIP )
- Analisis mengenai dampak lingkungan ( AMDAL )
- Penerapan prinsip kesehatan dan keselamatan kerja ( K3 )
- Perkebunan inti rakyat ( PIR )
- System bapak anak-anak angkat.
5 . BISNIS INTERNASIONAL
            Kalsifikasi bisnis berdasarkan aktivitas yang dilakukannya dalam menghasilkan keuntungan adalah Manufaktur , Bisnis jasa , Pengecer dan distributor , Bisnis pertanian dan pertambangan , Bisnis finansial , Bisnis informasi , Utilitas , Bisnis real estate , dan Bisnis transportasi.
1. Hakikat Bisnis Internasional
            Seperti tersebut diatas bahwa Bisnis internasional merupakan kegiatan bisnis yang dilakukan melewati batas negara. Transaksi bisnis seperti ini merupakan transaksi bisnis internasional (International Trade). Pemasaran internasional berbeda dengan Bisnis Internasional, yaitu :
  1. Perdagangan Internasional (International Trade)
            Dalam perdagangan internasional yang merupakan transaksi antar Negara itu biasanya dilakukan dengan cara tradisional yaitu dengan cara ekspor dan impor.
  1. Pemasaran International (International Marketing)
            Pemasaran internasional yang merupakan keadaan suatu perusahaan dapat terlibat dalam suatu transaksi bisnis dengan negara lain, perusahaan lain ataupun masyarakat umum di luar negeri. Transaksi bisnis internasional ini pada umumnya merupakan upaya untuk memasarkan hasil produksi di luar negeri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar